Tingkatkan Mutu Pendidikan, SMPN 1 Cilimus Maksimalkan Alokasi DAK


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,- Melalui Dana Alokasi Khusus yang bersumber dari APBN DAK Tahun 2023, SMPN 1 Cilimus Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan, berkomitmen akan memaksimalkan kegiatan fisik rehabilitasi ruang kelas dan sarana prasarana sebanyak 20 ruang.

Hal tersebut tentunya sebagai salah satu upaya sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan realisasi peningkatan atau perbaikan sarana dan prasarana sekolah yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP), sehingga pelayanan pendidikan yang berkualitas untuk peserta didik dan masyarakat dilingkungan sekitar sekolah dapat terwujud dan terimplementasikan dengan baik. Karenanya pelayanan pendidikan yang berkualitas dapat mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal.

Untuk diketahui, anggaran APBN DAK T. A 2023 yang dikucurkan ke SMPN 1 Cilimus sendiri sebesar Rp. 2.1 M dan dilaksanakan secara swakelola oleh komite untuk kegiatan fisik rehabilitasi ruang kelas sebanyak 16 ruang, rehabilitasi ruang perpustakaan, rehabilitasi laboratorium IPA, rehabilitasi ruang kepala sekolah (kepsek) dan rehabilitasi tata usaha (TU).


Menurut Kepala sekolah SMPN 1 Cilimus Ida Nurhaeda, M. Pd ketika ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (19/08/2023) mengatakan sekolahnya memiliki 30 ruang kelas dan ruang sarana prasarana seperti ruang laboratorium IPA, 2 ruang laboratorium komputer, laboratorium bahasa, ruang perpustakaan, aula, ruang kurikulum bahkan ada ruang podcast siswa yang representatif. Dengan adanya bantuan dari Pemerintah Pusat maupun Daerah khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kuningan pihaknya sangat merasa terbantu sekali mendapat bantuan dari APBN DAK fisik tahun 2023 untuk rehabilitasi sejumlah ruangan.

“Alhamdulillah yang pertama saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah, saya merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan rehabilitasi sebanyak 20 ruang dari APBN DAK T. A 2023 ini untuk SMPN 1 Cilimus yang akan kami manfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan fasilitas dan kualitas sekolah supaya menjadi lebih baik dan lebih nyaman lagi." Ucapnya.

Ida berharap pihaknya bisa lebih maksimal dalam melayani siswa terutama dalam proses belajar mengajar dengan ruangan yang bagus dan representatif diharapkan semangat belajar anak bisa lebih tinggi dan bisa mengukir prestasi lagi dari yang sebelumnya. Sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 dan Tujuan Pendidikan Nasional, maka dalam meningkatkan mutu pendidikan, SMP Negeri 1 Cilimus terus berupaya lebih maksimal dalam layanan pendidikan. Hal ini tertuang dalam visi sekolah yaitu: Unggul Dalam Prestasi, Agamis dan Berbudaya Lingkungan.

"Hingga kini berbagai prestasi telah dicapai para siswa baik di tingkat kota, provinsi, maupun tingkat nasional. Hal ini merupakan salah satu indikator meningkatkan layanan pendidikan di SMP Negeri 1 Cilimus. Diharapkan dengan adanya bantuan rehabilitasi ini bisa lebih meningkatkan prestasi siswa di bidang Akademik dan Non Akademik." Harapnya./Angga- wn